Senin, 02 Maret 2015

Sistem, Integrasi dan Migrasi IT




EVAN SUSANTO / 1304505107
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI / FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
INTEGRASI DAN MIGRASI SISTEM
DOSEN : I PUTU AGUS EKA PRATAMA, S.T., M.T.
Sistem, Integrasi dan Migrasi IT



Apa Itu Sistem
Seperti kita pahami bersama, sebuah mesin komputer tidak akan bisa bekerja dengan sendirinya, mesin tersebut bekerja merupakan akibat adanya suatu kesatuan sistem yang terdiri dari:
1. Brainware (manusia)
untuk manusia yang berhubungan dengan sistem tersebut. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya. 

2. Software (perangkat lunak).
merupakan data elektronik yang ada dalam computer, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh komputer

3. Hardware (perangkat keras).
Hardware yang disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat input, perangkat pemroses, maupun perangkat output.
Maka dari itu system merupakan rangkaian teratur yang mengatur pergabungan antara software, hardware dan brainware yang terintegrasi dalam satu kesatuan system.

INTEGRASI (Menyatukan/Menggabungkan)
Secara umum Integrasi adalah yaitu sesuatu yang dapat saling berhubungan satu dengan  yang lain dengan berbagai cara yang sesuai dengan keperluan. Keuntungan dari integrasi ini adalah membaiknya suatu arus informasi dalam sebuah organisasi. Suatu pelaporan biasanya memang memerlukan waktu, namun demikian akan semakin banyak informasi yang relevan dalam kegiatan manajerial yang dapat diperoleh bila diperlukan. Dalam teknologi informasi adanya integrasi pada suatu sistem menyebabkan saling keterkaitan antar sub sistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.


Gambar perumpamaan bagaimana menggabungkan atau menyatukan antara komponen yang ada menjadi satu untuk berintegrasi sesuai dengan keperluan.
Ada beberapa metode yang dapat dipergunakan dalam membangun sistem terintegrasi, yaitu :
  • Vertical Integration, merupakan proses mengintegrasikan sub-sub sistem berdasarkan fungsionalitas dengan menghubungkan sub-sub sistem yang sudah ada tersebut supaya bisa berinteraksi dengan sistem terpusat dengan tetap berpijak pada arsitektur sub sistem yang lama.
  • Star Integration, atau lebih dikenal sebagai spaghetti integration, adalah proses mengintegrasikan sistem dengan cara menghubungkan satu sub sistem ke semua sub-sub sistem lainnya
  • Horizontal Integration, atau ada yang mengistilahkan dengan Enterprise Service Bus (ESB), merupakan sebuah metode yang mengintegrasikan sistem dengan cara membuat suatu layer khusus yang berfungsi sebagaiinterpreter, dimana semua sub-sub sistem yang sudah ada akan berkomunikasi ke layer tersebut.
Migrasi (Perpindahan)
Secara umum Migrasi adalah perpindahan yang dilakukan untuk proses memindahkan atau mentranformasikan komponen dari suatu konteks ke konteks lainnya yang berbeda. Dalam teknologi informasi, migrasi sering digunakan dalam hal pemindahan data dan sistem. Beberapa alasan utama migrasi data biasanya dilakukan adalah sebagai berikut:
–     basis data yang lama tidak didukung oleh prinsipal utama aplikasi basis data tersebut.
–     buruknya dukungan yang diberikan oleh ekosistem aplikasi tersebut.
–     sistem baru yang dikembangkan mengharuskan pemakaian sistem basis data lain.
–     teknologi yang digunakan sudah terlalu lama / usang.
–     dilihat dari sisi bisnis maka analisis biaya manfaat sudah menetapkan jika biaya yang akan ditanggung lebih besar daripada manfaat yang didapatkan jika mempertahankan sistem lama.

Contoh penerapan smart city dalam kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)




sumber | https://goldenfemale.files.wordpress.com/2012/07/ektp-bp.jpg
 

Implementasi kebijakan pemerintah melalui program kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di seluruh Indonesia mengunakan data yang telah di integrasi kedalam sistem. Adanya smart city dari integrasi dan migrasi yang dilakukan maka program tersebut dapat saling terhubung dalam sebuah system.
Contoh penerapan migrasi dan integrasi :  

Migrasi Yang Dilakukan dalam penerapan e-ktp
Migrasi sistem IT bisa beragam mulai dari hardware, software ataupun keduanya. Dalam program e-KTP yang dilakukan adalah  perpindahan data dari proses manual ke dalam system yang telah di integrasikan oleh database dan system yang ada.

Integrasi yang Dilakukan dalam penerapan e-ktp
Sistem baru yang dikembangkan menggunakan pemakaian sistem basis data dalam jaringan computer, kelebihan dari integrasi e-ktp adalah penduduk dapat membuat,mengecek, perpanjangan ktp, mengambil data yang dilakukan dikota mana saja karena telah terhubung oleh jaringan dan database yang memudahkan pencarian data penduduk. Kemudian mengurangi pembuatan ktp lebih dari satu karena data telah di integrasi ke semua kota yang ada.


sumber: 

slide power point 








Categories:

0 komentar:

Posting Komentar