Senin, 16 Maret 2015

Sembilan Teknologi Pendukung Migrasi Data Yang Saling Berkaitan




EVAN SUSANTO / 1304505107
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI / FAKULTAS TEKNIK /
UNIVERSITAS UDAYANA
INTEGRASI DAN MIGRASI SISTEM
DOSEN : I PUTU AGUS EKA PRATAMA, S.T., M.T.

Sembilan Teknologi Pendukung Migrasi Data Yang Saling Berkaitan
sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpCvsrl5wIxUzG3sI5yA146Gn8Rqzk2RNS64hzZpu__1UCYmC5M9U1TJHPc3ACjjcKRmAs0ZC7WW39MJty0096lf174NwzIN_lm3gghap28AFe8unubZ1sICUdstvzXYM96mQBZMnHyac/s1600/cloud_computing.jpg

              Teknologi Pendukung dari Migrasi dan Integrasi Data yang di gunakan baik di sebuah lembaga pendidikan, pemerintahan maupun lembaga masyarakat atau pun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menunjang semua proses tersebut terdapat teknologi-teknologi pendukung. Pada proses Migrasi terdapat 9 teknologi yang saling berkaitan guna mendukung segala kegiatan Migrasi dan Integrasi secara optimal.
              Migrasi dapat diartikan Secara umum perpindahan yang dilakukan untuk proses memindahkan atau mentranformasikan komponen dari suatu konteks ke konteks lainnya yang berbeda. Dalam teknologi informasi, migrasi sering digunakan dalam hal pemindahan data dan sistem. Migrasi sistem juga dapat melibatkan downtime, sedangkan sistem yang lama diganti dengan yang baru. Seperti yang dikenal dalam istilah data warehouse yaitu proses ETL (Extract Transformation Load).
Adapun beberapa teknologi yang akan dijelaskan adalah sebagai berikut, Web Server, API(Application Programming Interface), Data Warehouse, Database, OTT(Over The Top), Socket Programming, Data Mining, Open Data, serta yang terakhir adalah Cloud Computing. Dimana kesembilan teknologi tersebut saling berkaitan berkaitan guna mendukung segala kegiatan Migrasi dan Integrasi secara optimal.
             Sembilan teknologi pendukung dalam Migrasi tersebut yang pertama adalah Web Server. Web Server merupakan sebuah software yang memberikan layanan data bagi pengguna yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML
            Web server akan dilengkapi oleh teknologi pendukung yaitu API (Application Programming Interface), API merupakan sekumpulan perintah, fungsi serta protokol yang berfungsi untuk melengkapi proses kerja dari sebuah web server.
            Web server yang bersifat dinamis akan berkaitan dengan teknologi pendukung Migrasi selanjutnya yaitu teknologi Data Base dan Data Warehouse. Database merupakan sekumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik yang dapat dikelola menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari suatu data.
            Pada keterkaitan dengan Teknologi Database akan berkaitan dengan teknologi Data Maining, diamana Data Maining merupakan suatu proses pengolahan data yang berfungsi untuk menggali pengetahuan dan informasi baru dari data yang berjumlah banyak pada data warehouse dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antara data dengan pengguna.
            Teknologi pendukung Migrasi selanjutnya adalah Data Warehouse yang merupakan kesatuan database yang berisi data dari beberapa sistem operasi yang terintegrasi dan terstruktur, Data Warehouse dibuat untuk memudahkan dalam melakukan query secara cepat.
            Data Warehouse akan berkaitan dengan teknologi pendukung selanjutnya yaitu teknologi Open Data, Open data adalah data yang secara bebas dapat digunakan, digunakan-ulang (reusable) dan didistribusikan kembali (redistributed), oleh siapa saja. Data harus tersedia secara keseluruhan, lebih disarankan dapat diunduh dari internet, dan harus tersedia dalam bentuk yang nyaman dan dapat dimodifikasi, serta dapat digabung dengan data lainnya. Teknologi tersebut akan didukung oleh teknologi Socet Programming yang merupakan Port yang berfungsi untuk mengetahui sesuatu yang digunakan untuk menghubungkan komunikasi antara proses remote dan local.
           Dari ke tujuh teknologi tersebut akan berkaitan dengan teknologi OTT (Over The Top) yang merupakan layanan dengan konten yang berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet sebagai media pendukung dalam proses penggunaan teknologi dalam Migrasi sistem.
           Teknologi dalam Migrasi yang ke sembilan adalah teknologi Cloud Computing adalah Cloud atau sering disebut sebagai Cloud Computing adalah sebuah teknologi yang sedang terus dikembangkan saat ini. Cloud Computing mengizinkan pengguna untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki secara bersama-sama. Layanan Cloud merupakan muara dari setiap teknologi yang ada saat ini seperti sebuah web dimana setiap data yang dimiliki ataupun yang diberikan pada pengguna tersimpan pada media penyimpanan Cloud


Daftar Pustaka
1. Agus Eka  Pratama, S.T.,M.T, I Putu.2014.”Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya.Bandung : Informatika
2. Wikipedia.2014.”Komputasi Awan”.Diakses Pada 16 Maret 2015. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
3. Wikipedia.2014.”Server Web”.Diakses Pada 16 Maret 2015. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Server_web
4. Egritnur.2011.”Pengertian Socket Programming”.Diakses Pada 17 Maret 2015.https://49012020handi.wordpress.com/2012/04/19/pengertian-socket-programming/
6. Infokomputer.2015.”Open Data”.Diakses Pada 17 Maret 2015.http://www.infokomputer.com/tag/open-data/
7. Rully.2009.”Data Maining & Data Warehouse”.Diakses Pada 17 Maret 2015.https://rully6092.wordpress.com/data-mining-data-warehouse/
8. Wikipedia.2014.”Basis Data”.Diakses Pada 17 Maret 2015.http://id.m.wikipedia.org/wiki/Basis_data


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar