Selasa, 28 April 2015

PENGERTIAN DAN INSTALASI PHREEDOM



EVAN SUSANTO / 1304505107
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI / FAKULTAS TEKNIK /
UNIVERSITAS UDAYANA
INTEGRASI DAN MIGRASI SISTEM
DOSEN : I PUTU AGUS EKA PRATAMA, S.T., M.T.

PENGERTIAN DAN INSTALASI PHREEDOM

Pengertian Phreedom
Phreedom merupakan aplikasi open source berbasis Cloud Computing yang dikhususkan untuk layanan akunting dan ERP (Enterprise Resource Planning). Program ini ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sehingga Phreedom dapat dijalankan dalam berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, Mac OS, BSD dan lain-lain. Phreedom memiliki engine yang dama dengan Phreebooks dengan sama-sama berlisensi GNU GPL. Phreedom dibuat oleh Phreesoft dan diletakkan juga pada server Phreebooks.
Layanan dan fitur yang disediakan oleh Phreedom diantaranya adalah, accounting berbasis web, manajemen inventory (labor, stok barang/jasa, assemblies/perakitan), akun untuk para vendor dan customer (pelanggan/konsumen), perbankan, pengiriman (shipping), Point of Sale (kasir), kurs mata uang, pelaporan secara digital, e-commerce, dukungan banyak bahasa, modular architecture untuk kustomisasi, payment gateway, project tracking, serta multi user level security.

Instalasi Phreedom
Langkah awal dalam menginstal phreedom adalah :
1.       Memindahkan file phreebooksR37RC1 ke dalam opt/lamp/htdoc. Aktifkan xampp Linux,



2.       kemudian pergi ke browser lalu ketik http://localhost/ phreebooksR37RC1 untuk menginstal phreedom, setelah itu muncul radio button lalu pilih agree kemudian continue untuk lanjut ke proses selanjutnya


3.       selanjutnya akan menggisi data user dan database MySQL :

4.       pada bagian ini, administrator yang telah terdaftar tadi secara langsung akan log on ke daalam system phreebooks.
5.       Pada bagian ini melakukan konfigurasi module administrator


6.       Tahap ini administrator dapat mengkonfigurasikan account

7.       Database dan table didalamnya yang telah terbentuk dari instalasi serta konfigurasi phreeboks
 DAFTAR PUSTAKA
[1] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika.
[2] Wikipedia English. 2015. Phreedom. http://en.wikipedia.org/wiki/Phreedom. Diakses 24 April 2015.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar