Senin, 14 Desember 2015

PENERAPAN IMPLEMENTASI ERP (Enterprise Resource Planning) PADA PERTERNAKAN BEBEK DI UBUD DALAM MEWUJUDKAN SMART ECONOMIC


EVAN SUSANTO / 1304505107
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI / FAKULTAS TEKNIK /
UNIVERSITAS UDAYANA
ERP (Enterprise Resource Planning)
DOSEN : I PUTU AGUS EKA PRATAMA, S.T., M.T.


 
BAB I 
PENDAHULUAN
Kecamatan Ubud adalah sebuah kecamatan yang terletak di provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini menjadi salah satu sektor wisata andalan di Bali yang memiliki budaya dan adat istiadat yang masih kental dengan budaya kerajaan. Dan juga memiliki kuliner khas salah satunya adalah masakan yang berhubungan dengan perternakan bebek. Beternak bebek sudah di jalani masyarakat Ubud Bali sejak puluhan tahun lalu sampai sekarang. Bebek adalah salah satu unggas yang tidak dapat mengerami telurnya sendiri. Lebar tubuh pada bebek tidak memungkinkan untuk melakukan proses pengeraman telur-telurnya, tidak seperti mentok atau angsa, walaupun sama-sama unggas yang dapat berenang, mentok dan angsa dapat mengerami telur- telurnya sendiri tidak seperti bebek. Kebutuhan akan produk yang berkaitan dengan bebek yang jumlah permintaan pasar yang terus meningkat. Karena semakin banyak yang mendirikan usaha rumah makan atau warung tenda yang menawarkan menu olahan daging bebek, membuat permintaan akan bebek pedaging semakin tinggi. Untuk sementara ini kebutuhan akan adanya daging bebek pedaging, kebanyakan masih di pasok dari bebek afkir atau bebek petelur yang produktifitasnya sudah mengalami penurunan.
Dalam proses E-business yang dilakukan inovasi dan kemampuan bersaing dalam berwirausahaan. Serta membuka akses informasi yang luas sehingga meningkatkan peluang warga untuk melakukan aktivitas ekonomi yang efektif.
Untuk menanggulangi masalah tersebut maka dibuatkan suatu sistem peternakan bebek dengan sistem yang lebih modern , berdasarkan teknologi Smart Economic. Sistem ini dimaksudkan untuk Proses Bisnis yang dapat dilakukan oleh peternak Bebek memberikan hasil yang lebih maksimal dalam pendistribusian permintaan dan proses quality control untuk mendapatkan Bebek dengan kualitas bagus dan juga terbaik. Dengan menggunkan sistem dari teknologi ERP menunjang dari segi proses E-Business kegiatan jual beli dan langsung terhubung dengan costumer, rekan bisnis atau supplier yang di dalamnya terdapat E-commers untuk membantu dalam hal mensupport bagian dari marketing , produksi , accounting , finance dan HRM. Lebih tepatnya menggunakanteknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan.
3
1.2 Rumusan Masalah
Terdapat beberapa rumusan maslaah yang menjadi acuan dalam pembuatan makalah ini, rumusan masalah tersebut diantaranya:
  1. 1.)  Bagaimana meningkatkan permintaan pesanan terhadap ternak bebek menggunakan system teknlogi ERP ?
  2. 2.)  Bagaimana mengatasi masalah pendistribusian yang dilakukan oleh Peternak Bebek?
  3. 3.)  Bagaimana melakukan quality control terhadap jumlah bebek yang banyak untuk menghasilkan bebek berkualitas menggunakan ERP?
1.3 Usulan Solusi
Dari rumusan masalah yang telah disampaikan, maka terdapat beberapa usulan atau solusi untuk menanggulangi masalah tersebut.
1.4
Design Solusi
1.) Menggunakan teknologi Cloud Computing dalam mengatasi jarak dan waktu serta memantau pendistribusian bebek dan hak pembatasan hak akses berbasis SAAS dan Public Cloud.
2.) Menggunakan E-Business sebagai bentuk proses bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan E-commers.

 Link Download PDF.
http://www.slideshare.net/evansusanto/penerapan-implementasi-erp-enterprise-resource-planning-pada-perternakan-bebek-di-ubud-dalam-mewujudkan-smart-economic
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar